20 Oktober 2011

Tips Membuka Rekening Bank di Australia


Karena saya berniat untuk bekerja secara legal disini, tentu hal pertama yang saya butuhkan adalah membuka bank account. Owner yang nakal akan meminta membayar kita dalam bentuk cash yang artinya adalah kedua belah pihak tidak perlu membayar pajak. Tapi pun dibayar dengan cash tetap saja kita harus menyetor gaji kita bukan?

Ada beberapa bank besar di Australia yang biasa dipergunakan untuk menabung seperti NAB, CommonwealthBank, WestPack dll. Saya sendiri karena sudah mempunyai rekening Commonwealth Bank di Indonesia, maka saya memilih untuk menggunakan bank yang sama.

Ketika di Indonesia
Bukalah dua account dalam bentuk IDR dan AUD. Kalau tidak salah deposit awal unttuk IDR adalah Rp 500,000 dan untuk yang AUD adalah $100 atau sekitar Rp 900,000. Account dalam tabungan IDR tentu saja untuk keperluan kita sehari-hari selama di Indonesia, sedangkan untuk account AUD saya isi dengan sejumlah uang cadangan yang sekiranya saya butuhkan kalau ada apa-apa selama di Australia. Jangan lupa untuk mengganti default kartu ATM anda menjadi AUD beberapa hari sebelum anda berangkat, dengan begitu kita bisa mengambil uang di mesin ATM Commonwealth mana saja di Australia dengan charge rendah.

Sesudah di Australia
Harap diingat bahwa CommonealthBank Indonesia dan Australia tidak nge-link. Jadi sebenarnya gak ngaruh kalau data kita sudah tercatat di Indonesia, karena kita tetap bikin rekening baru. Tetapi proses pembuatan rekening baru itu sangatlah mudah. Cukup bawa paspor anda dan pergilah ke bank Commonwealth terdekat. Pastikan anda sudah mempunyai nomor telepon lokal dan alamat surat agar kartu ATM bisa dikirimkan ke alamat tersebut. Tidak sampai 15menit rekening anda sudah jadi.

Anda tidak harus memasukkan deposit saat itu juga. Bisa sesudah mendapat pekerjaan atau transfer dari rekening Commonwealth AUD anda melalui internet banking. Biayanya hanya Rp 25,000 saja. Kalau anda transfer dari rekening bank lain di Indonesia kalau tidak salah charge-nya bisa sampai Rp 250,000 sendiri.

Mudah dan cepat. Jadi ingat ketika dulu saya mengantri 1-2 jam dengan nomor antrian CS di tangan, kemudian harus mengisi form aplikasi, menunggu verifikasi dll hingga hilang 2 jam waktu produktif saya. Indahnya Indonesia.

2 komentar:

  1. Terimakasih Infonya sangat membantu. dan walaupun antrian panjang, tetap Indonesia Indah dengan budaya lamanya yaitu ngantri berjam jem. haha

    BalasHapus
  2. Mba.. mau nanya kalau visa turist mau buka rekening di aus bisa ga? t

    BalasHapus