24 Oktober 2011

Australian Tax File Number

Sebenarnya merupakan suatu hal yang agak aneh buat saya kalau mengingat salah satu agenda utama saya ketika menginjakkan kaki di Australia adalah: membuat nomor pajak! Aneh, karena selama saya bekerja dan menghasilkan uang, saya saja baru membuat NPWP beberapa tahun lalu, itupun karena diiming-imingi bebas fiskal ke luar negeri (yang ternyata sekarang gak ngaruh lagi). Tetapi di Australia berbeda.

Kenapa Membuat TFN Itu Penting?
Kalau kita hendak bekerja di Australia, yes, you better save your self by getting your TFN (Tax File Number), karena kalau tidak, penghasilan kamu akan dipotong sebesar 45%!
Sesudah membuka rekening bank, Customer Service Officer akan memberikan surat yang nantinya akan ditujukan kepada calon perusahaan tempat kita bekerja untuk mentransfer penghasilan kita ke nomor rekening kita tersebut. Kalau kita tidak punya TFN, bank (atas nama Australian Tax Office) diperbolehkan secara hukum untuk memotong 45% dari gaji yang masuk. Sedangkan pajak penghasilan kita sesungguhnya untuk Work and Holiday Visa holder adalah sebesar 30%. Tetap gede sih ya?


Apakah Uang Pajak Kita Akan Hilang?
Jangan khawatir, setiap bulan Juni di tahun berikutnya kita bisa melakukan Tax Return alias meminta uang pajak penghasilan kita kembali. Berbeda dengan residence, Work and Holiday Visa holder mempunyai keistimewaan tersebut karena dianggap akan keluar dari Australia for good alias tidak akan kembali lagi. Kalau kamu meninggalkan Australia sebelum end of financial year di bulan Juni, kamu bisa mengajukan Early Tax Return dengan cara yang sedikit berbeda.

Syarat Membuat TFN
Karena ini adalah salah satu syarat utama untuk mendapatkan pekerjaan, maka tidak semua orang diperbolehkan membuat TFN. Syaratnya harus punya:
  • a valid permanent migrant visa, or
  • a valid visa with work rights, or
  • a valid overseas student visa, or
  • a valid visa allowing you to stay in Australia indefinitely.

Proses Membuat Tax File Number
Kita bisa datang ke kantor pajak atau apply lewat www.ato.gov.au. Prosesnya sangat mudah dan cepat. Tinggal mengisi nama, nomor paspor, serta alamat surat tempat TFN akan dikirim, selesai sudah. Kalau kamu masih tinggal di hostel, jangan khawatir, kamu tetap bisa menggunakan alamat hostel sebagai alamat surat. TFN akan dikirim dalam waktu max. 28 hari kerja. 

What's Next?
Sesudah menerima TFN, kita wajib mendaftarkan nomor pajak kita ke bank tempat kita membuka rekening. Australian Tax Office melalui bank akan mendebit uang gaji yang masuk dari employer setiap minggunya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar