23 Juli 2012

Packing List - Mix&Match a la NonaRansel


Berbicara tentang packing light for female backpacker, berikut adalah packing list berikut ilustrasi jenis-jenis pakaian yang saya bawa sekarang:


TOPS

Fleece / Windbreaker – bukan jaket tebal, tipis, ideal untuk menahan gempuran angin dan hujan khususnya ketika hiking/camping
Long Sleeve Hoodie – biasanya dipake buat dobelan tank-top/t-shirt. Ketika winter bisa dijadikan layer sebelum fleece/windbreaker

Bolero – buat dobelan tank top/dress ketika dingin, night atau formal occacion.
T-shirt
– pilih yang tipis dan tidak mudah kusut, berwarna cerah, bercorak netral

Black T-shirt – paling kepake ketika kerja casual seperti waitress, kitchen hand, housekeeping
Casual Dress – definitely need this. Satu aja cukup. Gak melulu gembel, being an international backpacker selalu ada night out atau saat bersenang-senang dengan backpacker lain
Cute Top – buat jalan-jalan santai, tapi bisa juga buat semi formal
Tank Top – base layer ideal buat segala suasana. Kalau bisa pilih bahan yang breathable dan punya kualitas thermal yang bagus.

BOTTOM

Hiking Pantscelana hiking panjang. Pilih bahan yang tipis dan nyaman serta cepat kering. Warna gelap, bisa dipakai buat kerja casual juga.
Hiking Pants ¾ - iya saya punya dua hiking pants. Bisa aja sih beli yang ada resletingnya jadi bisa ‘dipotong’ jadi celana pendek, tapi saya kurang suka. Saya suka celana hiking abu-abu keluaran Kathmandu milik saya yang ber-design lebih stylish dan bisa dipadu-padankan untuk casual occasion.
LeggingLegging atau stocking hitam tebal ini cocok sekali buat winter, formal/night occacion maupun ketika kerja casual. Tipis, ringan dan gak nyita tempat.
Black Skirtcocok buat casual occacion dengan t-shirt/top, night/formal occacion dengan bolero dan legging, atau... serba hitam dengan legging dan t-shirt hitam untuk jadi barista/waitress di cafe.
Shorts can’t live without it during summer. Cari warna yang masuk ke semua tops/atasan.

Semua baju usahakan ditaruh di dalam satu kantung kain agar tidak tercecer. Pisahkan sepasang baju casual/ganti di tempat yang mudah terjangkau.

FOOT WEAR

Hiking / Climbing Shoessaya punya hiking shoes dan climbing shoes. So far, lebih suka pakai climbing shoes karena lebih ringan dan saya lebih senang rock climbing daripada mountain climbing.
Flip-flopatau bahasa gaulnya: sendal jepit! Pilih warna hitam polos karena lebih modest. Dipakai buat di hostel, pantai, atau jalan-jalan kalau cuaca tidak dingin
Ballerina Shoesringan, fleksibel, stylish dan gak bikin capek ketika jalan-jalan. Lagi-lagi pilih warna hitam polos karena bisa dipakai buat kerja, dinner, jalan-jalan.
Yes, Cuma bawa tiga itu aja kemana-mana. Saya gak punya sendal bling-bling atau high heels, even ketika night out. Yang penting nyaman dan RINGAN.

BACKPACK
Big backpack 45-60L
Daypack
buat nampung laptop dan barang-barang yang gak masuk bagasi pesawat. Jalan-jalan atau hiking.
Handbag/Shoulder Bag
kecil, ringan, tipis untuk casual occasion/night out.


WASHROOM KIT
Toilettries (sabun, shampoo, sikat gigi+odol, sunscreen, cotton bud, pinset, gunting kuku, razor),  
Make Up (bedak, eyeliner, maskara, blush-on, lip balm).
Semua jadi satu tempat di tas kecil yang bisa dibuka dan digantung di pintu atau dinding kamar mandi.

OTHERS
Underwear, kaus kaki, swim wear, sarung bali, beanie/shawl (winter);
Gadget (netbook 12”, smartphone, kamera, iPod, semua charger), Universal travel adapter, Hard disk external;
Sleeping bag, headlight, ziplock bag, notepad+pulpen


Sebagai gambaran, kira-kira beginilah padu-padan saya:
Mix&Match casual outfit (Explore kota, nongkrong dll)
Hiking time!  - doc: NonaRansel

Night out, dinner, formal occasion - doc: NonaRansel

Working time (Housekeeping, Barista, Waitress) - doc: NonaRansel


Saya gak bilang tips saya di atas cocok diaplikasikan untuk semua orang lho yaa... That’s just the way I’m carrying and living my nomad life :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar